Rabu, 31 Mei 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.2

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 



1. FACTC (PERISTIWA)

              Mulai dari diri dan Ekplorasi konsep mandiri dimulai dengan mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. kegiatan ekplorasi konsep – forum diskusi. Di menu ini CGP diminta untuk melihat ulang jawaban dari pertanyaan pemantik sebelumnya. Selanjutnya CGP diminta menjawab pertanyaan yang disajikan. Selanjutnya CGP diminta untuk menanggapi 2 studi kasus dengan cara menghubungkan dengan materi pendekatan berbasis masalah dan pendekatan berbasis aset, serta Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.

              Ruang Kolaborasi pertama. Setelah sebelumya kami diminta untuk berbagi dalam kelompok. kelompok tersebut terdiri atas 3-4 anggota. Setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya untuk dipresentasikan pada keesokan harinya. Jadwal ruang kolaborasi babak kedua. Disini kami mempresentasikan hasil diskusi tentang aset yang ada didaerah kami secara bergantian.

              Saatnya Demonstrasi Kontekstual. Dalam sesi ini kami diminta untuk menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang disajikan. Saatnya berjumpa dengan instruktur dalam Elaborasi Pemahaman. Saya mendapatkan penjelasan lebih dari instruktur untuk menambah pemahaman saya mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Sungguh pengalaman yang luar biasa. koneksi antar materi ini saya juga diminta pengkaitkan hubungan materi pada modul 3.2. dengan modul – modul sebelumnya. Kegiatan ditutup dengan aksi nyata.


2. FEELING (PERASAAN)

Setelah saya mempelajari modul 3.2. ini saya merasa senang karena menjadi orang yang beruntung dan bisa bergabung dalam komunitas yang seindah ini. Karena melalui kegiatan ini saya jadi tahu bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengelola Sumber Daya yang ada di sekolah. Hal ini ridak hanya berguna bagi saya, namun berguna juga bagi murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang di sekitar saya.

 

3.   FINDING (PEMBELAJARAN)

Banyak hal – hal positif yang saya temukan dan pelajari dalam proses mengikuti pendidikan CGP utamanya di modul 3.2 ini. Karena di modul ini saya belajar apa itu sekolah sebagai sebuah ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan kelebihan, pendekatan ABCD, mengetahui karakteristik komunitas yang sehat, dan bagaimana mengelola aset – aset dalam sebuah komunitas. Dari beberapa materi ini saya belajar bagaimana mengelola kekuatan atau aset yang dimiliki sebuah komunitas dalam satu ekosistem yang mampu memberdayakan komunitas itu sendiri.


4. FUTURE (PENERAPAN

Setelah Setelah mempelajari keterampilan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, kedepannya saya akan mencoba menerapkan dalam situasi nyata yang saya temukan saat saya menjalankan tugas sebagai pendidik. Bukan hanya untuk saya tapi saya akan menularkannya pada murid, teman sejawat dan orang – orang disekitar saya. Selanjutnya setelah saya mampu menerapkannya dalam situasi nyata saya akan melakukan refleksi dan kolaborasi untuk terus meningkatkan keterampilan saya dalam mengelola sumber daya yang dimiliki komunitas meskipun saat ini saya belum menjadi pemimpin komunitas tersebut.

Demikian refleksi dari perasaan saya selama mempelajari modul 3.2.

Salam Guru Penggerak!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

  JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM BERDAMPAK POSITIF       1.Facts (Peristiwa)              Kegiatan i...