JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN
SUMBER DAYA
1. FACTC (PERISTIWA)
Mulai
dari diri dan Ekplorasi konsep mandiri dimulai dengan mengingat kembali
faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam
pengelolaan sumber daya. CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang
bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem
sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. kegiatan
ekplorasi konsep – forum diskusi. Di menu ini CGP diminta untuk melihat ulang
jawaban dari pertanyaan pemantik sebelumnya. Selanjutnya CGP diminta menjawab
pertanyaan yang disajikan. Selanjutnya CGP diminta untuk menanggapi 2 studi
kasus dengan cara menghubungkan dengan materi pendekatan berbasis masalah dan
pendekatan berbasis aset, serta Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.
Ruang
Kolaborasi pertama. Setelah sebelumya kami diminta untuk berbagi dalam
kelompok. kelompok tersebut terdiri atas 3-4 anggota. Setiap kelompok akan
membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan
apa atau bagaimana pemanfataannya untuk dipresentasikan pada keesokan harinya. Jadwal
ruang kolaborasi babak kedua. Disini kami mempresentasikan hasil diskusi
tentang aset yang ada didaerah kami secara bergantian.
Saatnya
Demonstrasi Kontekstual. Dalam sesi ini kami diminta untuk menganalisis tentang
visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang disajikan. Saatnya
berjumpa dengan instruktur dalam Elaborasi Pemahaman. Saya mendapatkan
penjelasan lebih dari instruktur untuk menambah pemahaman saya mengenai
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Sungguh pengalaman yang luar biasa. koneksi
antar materi ini saya juga diminta pengkaitkan hubungan materi pada modul 3.2.
dengan modul – modul sebelumnya. Kegiatan ditutup dengan aksi nyata.
2. FEELING (PERASAAN)
Setelah saya mempelajari modul
3.2. ini saya merasa senang karena menjadi orang yang beruntung dan bisa
bergabung dalam komunitas yang seindah ini. Karena melalui kegiatan ini saya
jadi tahu bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengelola Sumber Daya yang ada
di sekolah. Hal ini ridak hanya berguna bagi saya, namun berguna juga bagi
murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang di sekitar saya.
3.
FINDING (PEMBELAJARAN)
Banyak hal – hal positif yang
saya temukan dan pelajari dalam proses mengikuti pendidikan CGP utamanya di
modul 3.2 ini. Karena di modul ini saya belajar apa itu sekolah sebagai sebuah
ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan kelebihan, pendekatan ABCD,
mengetahui karakteristik komunitas yang sehat, dan bagaimana mengelola aset –
aset dalam sebuah komunitas. Dari beberapa materi ini saya belajar bagaimana
mengelola kekuatan atau aset yang dimiliki sebuah komunitas dalam satu
ekosistem yang mampu memberdayakan komunitas itu sendiri.
4. FUTURE (PENERAPAN
Setelah Setelah mempelajari
keterampilan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, kedepannya saya akan
mencoba menerapkan dalam situasi nyata yang saya temukan saat saya menjalankan
tugas sebagai pendidik. Bukan hanya untuk saya tapi saya akan menularkannya
pada murid, teman sejawat dan orang – orang disekitar saya. Selanjutnya setelah
saya mampu menerapkannya dalam situasi nyata saya akan melakukan refleksi dan
kolaborasi untuk terus meningkatkan keterampilan saya dalam mengelola sumber
daya yang dimiliki komunitas meskipun saat ini saya belum menjadi pemimpin komunitas
tersebut.
Demikian refleksi dari perasaan saya selama mempelajari modul 3.2.
Salam Guru Penggerak!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar